Nissan baru saja memperkenalkan produk terbaru di bidang kendaraan listrik untuk pasar Jepang. Produk dengan nama All New Sakura EV tersebut ditawarkan pada segmen kei car yang populer di sana sekaligus memperkaya pilihan kendaraan listrik.

“All new Sakura akan mengikuti produk LEAF dan Ariya bermain di pasar utama kendaraan listrik. Kami percaya produk ini akan menjadi game changer untuk pasar Jepang dan membuat kendaraan listrik lebih mudah diakses bagi konsumen di Jepang,” ungkap Asako Hoshino, Nissan Executive Vice President dalam keterangannya, Jumat (20/5/2022).

Nissan Sakura EV

Sebagai produk kei car, Sakura memiliki kemampuan radius putar 4,8 meter untuk manuver lincah di perkotaan. Nissan juga menyertakan fitur ProPilot Park yang merupakan teknologi bantuan otomatisasi untuk memudahkan parkir kendaraan dan berkendara lebih nyaman.

Soal dimensinya, Sakura menawarkan panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm, tinggi 1.655 mm dan jarak sumbu roda 2.495 mm. Beratnya sekitar 1 ton dengan kapasitas penumpang empat orang dan kapasitas bagasi 107 liter.

Soal desain, eksterior Sakura EV terlihat kokoh dan elegan berkat penampang lebar pada bagian grille. Logo Nissan yang baru sudah digunakan sebagai penanda produk generasi terbaru.

Nissan Sakura EV

Penerangannya hadir dengan teknologi LED baik di depan dan belakang. Peleknya menggunakan desain palang yang terinspirasi dari seni dekoratif mizuhiki Jepang. Port pengisian dayanya berada di sisi kanan belakang kendaraan dan dapat memberikan penerangan saat digunakan pada malam hari. Nissan memberikan lima belas pilihan warna termasuk empat pilihan warna two tone yang bisa dipilih.

Bagian interiornya, hadir head unit 9 inci yang juga menghadirkan sistem navigasi NissanConnect, Apple Carplay wireless, serta panggilan SOS. Meter clusternya hadir Advanced Drive Assist Display berukuran 7 inci yang memperlihatkan berbagai macam informasi. Desain joknya terinspirasi dari sofa dengan bahan fabrik. Desain dashboardnya nampak modern dan juga menampilkan kesan lapang meski pada kendaraan berukuran kecil. Warna interiornya bisa dipilih yakni hitam, beige dan blue grey.

Nissan Sakura EV

Spesifikasi teknisnya, Nissan Sakura EV menggunakan baterai lithium-ion dengan kapasitas 20 kWh. Baterai ini menghasilkan tenaga 47 kW atau sekitar 63 hp dan torsi 195 Nm. Kecepatan maksimum kendaraan ini sekitar 130 km/jam dan memiliki jarak tempuh 180 kilometer dengan pengujian WLTC. Pengisian dayanya bila menggunakan daya standar sekitar 8 jam. Untuk kemampuan pengisian cepat sekitar 40 menit.

Rencananya, Nissan akan memulai menawarkan Sakura EV pada musim panas ini di Jepang. Tedapat tiga varian yang ditawarkan yakni S, X, dan G. Banderol harganya mulai 2,3 juta Yen atau sekitar Rp260 jutaan hingga 2,9 juta Yen atau sekitar Rp337 jutaan.